Efektif Bekerja, Efektif Pula dalam Berbisnis

Efektif Bekerja, Efektif Pula dalam Berbisnis

by 15 November 2020

Salam hebat pak putu

Saya punya usaha toko baju & saya juga masih karyawan di ace hardware.saya sudah usaha hampir 2 tahun tapi masih sepi,pendapatan juga biasa aja,malah kadang masih sering nombok untuk bayar karyawan & bayar angsuran doank.saya punya 1 karyawan & belom berani melepas pekerjaan saya.karena keseringan gaji saya masih juga kepake buat bayar angsuran. apa yg harus saya lakukan agar usaha saya dapat berkembang & saya dapat melepas pekerjaan saya & lebih fokus di usaha kecil saya.

Mas Prima yang bersemangat dan selalu mengHEBAT,

Selamat dan tetap semangat ya, atas keberaniannya untuk hidup dari dua kapal, yaitu kapal pekerjaan dan kapal bisnis. kendala yang  sering dihadapi ketika kita memulai bisnis, sembari bekerja yang lain adalah kendala fokus waktu. Karena, bisnis pada awalnya membutuhkan fokus kita antara 12-16 jam per minggu, jika ingin anda percepatan dalam kesuksesan.

12-16 jam itu, tentu tidak semuanya dalam bentuk buka tokonya saja, tetapi bisa dalam membangun tim, jejaring suplier maupn jejaring pelanggan. Karena ibarat bayi, bisnis ini masih perlu disuapi, dimandikan, diganti pampers dll. itulah bisnis baru, masih perlu banyak dilayani oleh pemiliknya, karena biasanya pemiliknya paling tahu, apa yang diinginkannya dari bisnis itu, bagaimana cara melayani pelanggan, bagamina memilih produk, bagaimana menghadapi persaingan, manajemn keuangan, marketing dll.

Saran saya, untuk anda, segera jalin partnership, dengan orang yang bisa mencurahkan waktu. Ajak dia sharing modal, lebih baik memiliki sebagian dari bisnis, tetapi ada yang fokus 100%. daripada punya 100% bisnis yang dikelola setengah-setengah. Tetapi, resiko berkongsi juga adalah perbedaan pendapat, benturan ego masing-masing. Itu tentu tantangan, yang jika anda belajar dengan baik, maka akan meningkatkan kapasitas diri, tim dan bisnis anda. Saya pribadi, berkongsi dalam hampir tiap bisnis-bisnis saya, ini akan menyebabkan ada orang lain yang mengingatkan saya, ketika ada hal-hal perlu diperhatikan, sementara saya lupa memperhatikannya.

Saran tambahan, berfokuslah pada Online marketing, karena itu akan banyak membantu anda, menghasilkan cashflow tanpa banyak menyita waktu.

Demikian saran saya mas Prima, semoga bermanfaat ya…

Salam Hebat