Solusi dalam Modal Usaha

Solusi dalam Modal Usaha

by 25 November 2020

Salam Hebat, saya mau tanya, saya Maura Ovi masih berumur 16thn. Tapi, dari umur 15thn saya selalu ingin punya usaha. Kendala saya, adalah modal. Karena saya juga belum punya hak untuk pinjam di bank. Apa yg harus saya lakukan?

 

Salam Hebat mbak Maura Ovi,

pertama, selamat atas semangat anda untuk berwirausaha sejak masih muda ya? saya bisa merasakan, bagaimana kadang-kadang gejolak perasaan, seperti penasaran, optimisme, keinganan untuk langsung mencoba sekaligus membuktikan, bahwa gagasan kita betul atau jikapun salah ingin segera mengoreksinya.

Ini pun terjadi, ketika saya masih di usia anda, masih sekolah SMA. ketika itu, saya mengarahkan gagasan-gagasan bisnis saya, dengan bisnis yang tidak banyak menggunakan modal, sebagai contoh ketika SMA saya memberikan les privat kepada adik-adik kelas saya.

dewasa ini, ada banyak usaha yang bisa dilakukan secara online, yang modalnya tidak perlu menguras dompet, karena modalnya bisa hanya mengalihkan uang saku kita, atau tabungan kita yang belum terlalu banyak. Saya menyarankan, untuk memulai bisnis, jangan langsung berpikir menggunakan pinjaman bank, karena meminjam uang ke bank, tanpa pemahaman dan pengalaman, akan sangat beresiko. Saran saya, belajarlah menjual gagasan, membuat proposal sederhana, tawarkan kepada orang-orang terdekat seperti orang tua, family dan sahabat terdekat.

Tantangannya, orang-orang terdekat sering meremehkan gagasan-gagasan kita, serta menganggap kita tidak mampu, terutama jika kita belum memiliki prestasi. Maka dari itu, buatlah prestasi-prestasi kecil hingga besar, yang membangun kepercayaan agar anda layak dipercaya.

Salah satu prestasi kecil sederhana adalah : Mengembalikan uang kecil, yang telah anda pinjam 😀 , mungkin juga bikin event kecil, kunjungan ke panti asuhan, atau penjualan pernak-pernik kepada teman sekolah anda, yang anda kerjakan di rumah.

 itu dulu saran-saran saya ya mbak Maura, selamat mencoba dan semoga berhasil…

Salam Hebat

Putu Putrayasa