Pasar Maya Itu Nyata

Pasar Maya Itu Nyata

21 February 2015 2 comments

Menurut survey yang diadakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 63 juta orang atau sekitar 24,23% dari jumlah penduduk Indonesia dan diperkirakan mengalami kenaikan yang tinggi setiap tahunnya. Semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia menunjukkan bahwa orang yang melek teknologi semakin banyak. Informasi yang dahulu untuk sampai ke orang yang dituju perlu waktu berjam-jam sampai berhari-hari, saat ini hanya dalam hitungan detik. Peluang bisnis online menjadi luas sekali.

Saat ini perilaku konsumen menunjukkan perubahan. Jika dahulu orang terbiasa membeli barang secara langsung, saat ini kebanyakan orang hanya perlu membuka laptopnya untuk memesan barang. Tanpa keluar rumah, barang sudah sampai ke rumah. Hampir semua barang dan jasa bisa kita temui di internet.

Saya ingat rekan saya seorang Pebisnis Online di Jakarta pernah iseng membuat website mengenai jasa reparasi tas. Tidak lama setelah dibuat, handphonenya berbunyi tanda ada calon customer menelepon. Penelpon tersebut menanyakan mengenai harga jasa reparasi itu, karena belum membuat daftar harga rekan saya ini spontan meminta tas tersebut difoto dan dikirim via email. Setelah dilihat kemudian diinfokan bahwa harga reparasinya 200rb, sang penelpon setuju dan mengirimkan barang serta uangnya ke rekan saya. Rekan saya memperbaiki tas tersebut di tukang reparasi tas keliling dengan biaya 25rb kemudian tas tersebut dikirim kembali. Luar biasa bukan?

Dari kisah di atas kita bisa melihat bahwa hampir segala hal bisa dijual via internet jika kita jeli cara memasarkannya. Sudah saatnya Anda mulai mempertimbangkan untuk memperluas pasar untuk bisnis Anda dengan bantuan teknologi. Berikut ada 3 tips sederhana untuk memulai.

Pertama, mulai dengan produk yang Anda kuasai dan fokus pada hal tersebut. Anda bisa mulai mengajak kerjasama teman, tetangga, atau siapa saja untuk memasarkan produk Anda. Ajak orang lain menjadi reseller. Kedua, miliki tools/alat bantu untuk memasarkan produk Anda. Miliki blog/website, Facebook FanPage, Twitter, E-mail, HP/BB. Ketiga, layanilah pembeli dengan baik. Balaslah SMS, BBM, Telp, E-mail dll secepatnya. Sebab karakter pembeli online bisa sangat cepat berpindah tempat hanya dengan klik mencari tahu produk lain lewat Google. Semoga bermanfaat.

 Peter Dendi H

Dosen @STIEBBANK

2 Comments so far

Jump into a conversation
  1. Waskuri
    #1 Waskuri 10 March, 2015, 10:58

    Yess, Peluang Bisnis Online sangat menjanjikan khususnya eCommerce, saran saya pilih kendaraan yang tepat 🙂

    Salam Prestasi!

    Reply this comment
  2. Badu
    #2 Badu 15 March, 2015, 19:10

    saya koq susah yah jual barag!!!!

    Reply this comment

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.